Kamis, 12 Maret 2015

Getuk Goreng Sokaraja Banyumas Yang Nikmat

         Bagi anda yang suka travelling,anda pasti mengenal Banyumas.Banyumas adalah sebuah kota di Jawa Tengah,yang berada di Lereng Gunung Slamet. Jika anda mampir di Banyumas, anda tentu akan menyempatkan diri untuk mencicipi kuliner di daerah ini.Apa itu? Masakan khas Banyumas  itu adalah gethuk goreng.Rasanya manis,gurih,dan membangkitkan selera.

       Anda tahu cara membuat gethuk goreng? Anda tidak perlu khawatir karena Yu Munafah akan berbagi rahasia tentang cara pembuatan gethuk gorang asli Sokaraja,Banyumas.

       Bahan-bahan untuk membuat gethuk goreng khas Banyumas adalah 1 kilogram singkong,gula jawa atau gula merah,tepung beras sebanyak 75 gram,1 sendok makan tepung terigu,minyak goreng untuk menggoreng,dan garam sesuai selera.

       Cara membuatnya,pertama kupas singkong kemudian buang kulitnya,setelah itu potong singkong dan direbus hingga matang,iris gula ajwa lalu tambahkan air.Kemudian rebus sampai gula melumat dan bercampur dengan air.Lumatkan singkong dan tambahkan gula secara bertahap sampai tercampur rata untuk membuat gethuk,lalu campurkan tepung terigu,tepung beras,garam,serta air secukupnya sampai jadi adonan yang cukup kental.Untuk mencetak,letakan gethuk singkong di atas naman kemudian ratakan dengan tebal 2 cm lalu potong kotak 5 X 4 cm.Setelah adonan siap,bersiaplah untuk menggoreng.Panaskan minyak goreng kemudian ambil gethuk lalu celupkan gethuk ke dalam adonan,Langkah selanjutnya goreng gethuk sampai warnanya kekuning-kuningan,angkat dan tiriskan.Dan yang terakhir,setelah melewati proses pembuatan maka siapklan piring atau wadah.Letakan gethuk di wadah tersebut,dan gethuk goreng Sokaraja siap dinikmati.Akan lebih nikmat bila dimakan pada sore hari sambil berkumpul bersama saudara dan ditemani secangkir kopi hitam.Apabila tidak ingin segera dimakan,adonan bisa disimpan di kulkas dan digoreng saat ingin dimakan.

0 komentar:

Posting Komentar