Kamis, 22 Mei 2014

Starting Eleven Real Madrid Di Final Liga Champion


Liga-liga top Eropa resmi menutup musim 2013/2014 pekan lalu. Konstelasi akhir klasemen sudah didapat mulai dari sang juara, klub yang jadi wakil di kompetisi Eropa, hingga tim-tim yang harus tergusur ke zona degradasi. Khalayak sepakbola dunia jelas dibuat kenyang karenanya. Namun sagalanya akan makin sempurna sekaligus klimaks, ketika kita tahu siapa pemenang final Liga Champions 2013/14, yang mempertemukan Real Madrid kontra Atletico Madrid, Minggu (25/5) dini hari WIB.

Liga Europa
Dua tim terbaik, dua tim wakil La Liga Spanyol, dan dua tim dari kota yang sama! Makin seru, karena sajian berkualitas sudah barang tentu jadi garansi partai final nanti. Apalagi jika menilik taburan pemain bintang yang memenuhi komposisi skuat El Real dan Los Rojiblancos.

Komparasi predikat pemain bintang bisa dalam banyak hal. Namun harus diakui jika banderol yang tersemat pada sang bintang jadi faktor pembeda paling mudah. Dan kali ini kita akan melihatnya dari sisi 'hijau' tersebut. Jika sudah begitu, jawabannya jelas bahwa skuat Real jauh lebih mentereng dari sang rival.

Tim asuhan Carlo Ancelotti bahkan bisa disebut sebagai klub termahal di Eropa saat ini, seturut analisis harga transfermakt.com. Bayangkan saja, setelah menghabiskan dana 172,5 juta pada bursa transfer musim ini, akumulasi nilai keseluruhan pemain Los Blancos yang terdaftar di LC kini mencapai 567,4 juta!

Bandingkan dengan akumulasi transfer value skuat Atletico di LC yang hanya menyentuh angka 282 juta. Satu hasil yang bahkan tak lebih besar dari kombinasi banderol Luka Modric, Sergio Ramos, Gareth Bale, dan Cristiano Ronaldo!

Lantas dari sekian banyak deretan bintang Real, siapa saja yang diperkirakan masuk starting XI di final? Berapa banderolnya? Dan siapa pemain termahalnya? Bersumber dari laman transfermarkt.comGoal Indonesia memberi sajian menarik soal starting XI Real Madrid di final LC dalam hitungan euro. Simak!



 Kiper - Iker Casillas
12 juta

Sejak musim lalu hingga tonggak kepemimpinan beralih dari Jose Mourinho ke Carlo Ancelotti musim ini, status Ikar Casillas bukan lagi sebagai kiper utama. Meski jadi pilihan otomatis di Liga Champions, tempatnya di La Liga Spanyol sudah diakuisisi oleh Diego Lopez, yang tampil di 36 jornada. Karenanya hargaSan Iker di bursa transfer pun terus melorot, sampai ke angka 12 juta.

 Bek Dani Carvajal
14 juta

Perlahan namun pasti, Dani Carvajal sukses menggeser posisi Alvaro Arbeloa dari pos bek kanan. Kelebihannya dalam kecepatan memberi kesegaran di lini belakang Real. Banderolnya pun naik meski tak signifikan, yakni sebesar 14 juta.
 
 Bek Pepe
€12 juta

Butuh seorang 'penjahat' di partai final, dan Pepe adalah orang yang tepat bagi Real. Sempat tersingkir musim lalu oleh Rapahel Varane, kini ia kembali mapan di lini belakang. Meski begitu nilainya di bursa transfer tak lagi sementereng dahulu. Harga €12 juta dirasa pantas, seiring usianya yang menua.

 Bek Sergio Ramos40 juta

Musim 2013/14 mungkin jadi yang terbaik bagi seorang Sergio Ramos. Menginjak usia emasnya, 28 tahun, enam gol dan empat assist ia persembahkan dalam 50 penampilannya musim ini. Representasi paling baik jelas terlihat dalam performanya di second leg semi-final Liga Champions, melawan Bayern Munich lalu. Tak heran jika Ramos jadi bek termahal Real lewat dengan nilai 40 juta.

 Bek - Fabio Coentrao
€14 juta

Meski musim ini hanya tampil di 14 partai dengan torehan dua assist bagi Real, Fabio Coentrao jadi jagoan untuk turun di starting XI di partai final. Performanya menanjak signifikan jelang partai puncak, hingga kerap menyingkirkan Marcelo di pos bek kiri. Namun begitu, minimnya peluang tampil musim ini menjadikan harga pemain 26 tahun itu turun drastis dengan €14 juta. Harga yang bahkan tidak sampai setengah banderlonya kala datang dari Benfica dahulu.

 Gelandang - Asier Illarramendi
€18 juta

Datang dengan harga 30 juta dari Real Sociedad awal musim ini, Asier Illarramendi gagal menembus starting XI Real. Karenanya harga sang gelandang kini turun jauh dengan hanya bernilai 18 juta. Meski begitu ia tetap jadi pilihan utama Carlo Ancelotti di final nanti, menyusul absennya Xabi Alonso.

 Gelandang - Luka Modric
€40 juta

Digadang-gadang jadi pembelian gagal pada musim lalu. Luka Modric malah tampil sensaional untuk Real. Bersama Xabi Alonso, ia jadi pilar utama di lini tengah. Tampil di 50 partai bersama Los Galaticos musim ini, harganya melonjak hingga €40 juta.

 Gelandang - Angel Di Maria
€30 juta

Santer diberitakan bakal hengkang di awal musim seiring kedatangan Gareth Bale, fakta malah membuktikan hal berkebalikan. Angel Di Maria sukses mempertahankan tempatnya di tim inti Real, meski pada posisi yang berbeda. 25 assist-nya musim ini jadi yang tertinggi di antara seluruh penggawa. Berkat perannya yang krusial, harga pemain asal Argentina ini tetap konsisten dalam tiga musim terakhir, yakni €30 juta.

 Penyerang Gareth Bale
€80 juta

Datang dengan predikat sebagai orang termahal di dunia! Rumor transfer sebesar€100 juta dianggap berlebihan bagi seorang Gareth Bale. Namun di musim perdananya pemain asal Wales ini sanggup membuktikan bahwa perannya krusial di lini depan. 21 gol plus 19 assist dari 51 penampilan musim ini sukses Bale torehkan. Menilik catatan tersebut, banderol lebih 'realistis' disematkan padanya senilai €80 juta.

 Penyerang - Karim Benzema
€34 juta

Didatangkan dari Olympique Lyon lewat banderol €35 juta di bursa transfer musim panas 2009, performa Karim Benzema tak pernah memuaskan. Namun semuanya patah musim ini, karena ia begitu sensasional. Semakin padu bersama Cristiano Ronaldo dan langsung klop dengan Gareth Bale, ia sempurna untuk lini depan Real. Hal itu membuat nilainya konsisten di bursa transfer, meski turun €1 jutamenjadi €34 juta.

 Penyerang - Cristiano Ronaldo
€100 juta

Ini dia si pesepakbola terbaik sejagad saat ini, Cristiano Ronaldo! Secara statistik, gol dan assistnya memang sedikit turun dibanding musim lalu, tapi hal itu tak bisa membantah kefenomenalan CR7. Sebagai pemain termahal Real dengan nilai€100 juta, kehadiran mantan pujaan publik Old Trafford ini menggenapi akumulasi harga starting XI Los Galaticos sebesar €394 juta!

 Pelatih – Carlo Ancelotti
€22,5 juta

Status Carlo Ancelotti sebagai pelatih sejatinya tak masuk hitungan. Apalagi Real sudah barang tentu tak memasang banderol bagi seorang pelatih. Namun dengan gajinya yang sebesar €7,5 juta semusim, sebuah klub yang memang ngebet dengannya memiliki kewajiban untuk menebus harga €22,5 jutasesuai total kontrak Don Carlo selama tiga musim. Sekali lagi, hal itu hanya terjadi jika sang klub induk mau melepasnya atau bahkan memecatnya.

CADANGAN

 LopezVaraneArbeloaMarceloKhedira IscoMorata
 
Di bench pemain, harga para penghuninya pun tak kalah dengan deretan pemain di sebelas awal. Isco jadi pemimpin dengan nilai sebesar €35 juta€5 juta lebih banyak dari banderol transfernya dari Malaga awal musim ini. Menyusul setelahnya berturut-turut ada Marcelo, Raphael Varane, Sami Khedira, Alvaro Morata, Diego Lopez, dan yang paling murah Alvaro Arbeloa. Jumlahnya sebesar €135 juta, dan jika diakumulasikan serta dicairkan menjadi uang dengan total harga di starting XI, maka Real Madrid akan membawa duit sebanyak €529 juta atau 8,31 triliun rupiah di final! Fantastico!

0 komentar:

Posting Komentar